Kabar Sosial Media
Informasi Terupdate!

5 Bahaya Makan Terburu-buru: Tersedak hingga Penyakit Jantung

0 37


Jakarta, socmed.id —

Makanlah dengan suasana yang tenang dan nyaman. Hindari makan terburu-buru karena dapat berbahaya dan meningkatkan risiko sejumlah penyakit.

“Sebenarnya enggak ada patokan ideal berapa lama waktu yang dihabiskan seseorang untuk makan, tapi kalau mengunyah terlalu cepat bisa membawa dampak negatif,” kata dokter spesialis gizi Samuel Oetoro saat dihubungi CNNIndonesia.com, Senin (26/7).

Di masa pandemi Covid-19 ini, pastikan Anda makan di tempat yang aman seperti di rumah untuk menghindari penularan virus corona.

Berikut 5 bahaya makan terburu-buru:

1. Tersedak




ilustrasi tersedakSalah satu bahaya makan terburu-buru adalah dapat menyebabkan tersedak. (Foto: iStockphoto/Pixel_away)

Salah satu bahaya makan terburu-buru adalah tersedak. Ahli kesehatan masyarakat, dokter Tan Shot Yen mengatakan orang yang makan terburu-buru cenderung mengunyah secara cepat sehingga potongan makanan masih terlalu besar.

Akibatnya, makanan bisa menyangkut di tenggorokan atau tersedak. Kondisi ini dapat menutup aliran udara yang dapat membuat seseorang tidak bisa bernapas.

2. Perut kembung




ilustrasi perut kembungBahaya makan terlalu cepat berikutnya adalah dapat menyebabkan perut kembung. (Foto: iStockphoto/klebercordeiro)

Bahaya makan terlalu cepat berikutnya adalah perut kembung. Tan mengatakan, saat makan terlalu cepat maka mulut akan lebih mudah membuka dan memungkinkan udara ikut masuk bersama makanan dalam waktu singkat.

Akibatnya udara ikut terbawa ke lambung dan mengakibatkan perut kembung. Seseorang bakal merasa tidak nyaman di perut karena perasaan kenyang sekaligus kembung bersamaan.

Perut kembung ditandai juga dengan lebih sering serdawa dan kentut, serta muncul rasa nyeri di perut.

Simak bahaya makan terburu-buru lainnya di halaman berikut.

5 Bahaya Makan Terburu-buru: Tersedak hingga Penyakit Jantung

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


Source : cnnindonesia.com

Comments
Loading...