Kabar Sosial Media
Informasi Terupdate!

7 Cara Mengajak Orang Terdekat Mau Divaksin Covid-19

0 16



Jakarta, socmed.id —

Vaksin Covid-19 merupakan salah satu cara yang efektif untuk mencegah dan mengurangi gejala penyakit yang timbul. Kendati demikian, masih banyak orang yang ragu dan enggan divaksin.

Anda dapat melakukan sejumlah cara untuk mengajak orang terdekat agar mau divaksin Covid-19, seperti mengajak orang tua, saudara, atau teman. Anda bisa melakukan pendekatan secara personal mulai dari mendengarkan alasan mereka hingga memberi bukti ilmiah mengenai vaksin.

Berikut cara mengajak orang agar mau divaksin Covid-19.

1. Mendengarkan alasan mereka

Ragu-ragu dan rasa takut muncul karena berbagai alasan. Dengarkan alasan tersebut dengan sepenuh hati.

“Kalau ragu-ragu dan takut pasti ada alasan. Takut ada bahaya, takut ada efek samping saat divaksin, takut yang tadinya tidak positif Covid-19, jadi positif. Ada banyak sekali alasannya,” kata psikolog klinis Veronica Adesla kepada CNNIndonesia.com, Kamis (15/7).

2. Bantu mengatasi ketakutan tersebut

Jangan menganggap remeh ketakutan tersebut. Sebaiknya, pahami ketakutan itu sebagai suatu hal yang wajar dan dapat diatasi bersama.

Lalu, cari jalan keluar untuk mengatasi ketakutan tersebut. Gunakan kata-kata dan intonasi yang menenangkan saat berbicara dengan mereka.

“Bukan omong kosong yang memaksakan pendapat ya. Kalau begitu, jadinya kan berantam,” tutur Veronica.

3. Berikan data-data ilmiah

Berikan pula penjelasan dengan menggunakan data-data ilmiah yang sudah terbukti kebenarannya. Agar semakin kuat, Anda bisa memberikan tulisan atau video yang mudah dipahami.

Pastikan untuk menggunakan sumber yang terpercaya, misalnya dari ahli, dokter spesialis, atau hasil penelitian.

7 Cara Mengajak Orang Terdekat Mau Divaksin Covid-19

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


Source : cnnindonesia.com

Comments
Loading...