Kabar Sosial Media
Informasi Terupdate!

7 Kebiasaan yang Bikin Sakit Pinggang

0 17


Jakarta, socmed.id —

Sakit pinggang merupakan salah satu nyeri yang paling umum dirasakan. Studi menunjukkan 80 persen orang pernah atau akan mengalami sakit pinggang dalam hidup mereka.

Sakit pinggang dapat dicegah dengan menghindari penyebab nyeri. Umumnya, sakit pinggang muncul karena kebiasaan sehari-hari yang salah.

Berikut kebiasaan yang bikin sakit pinggang.

1. Duduk terlalu lama




ilustrasi sakit pinggangSalah satu kebiasaan yang bikin sakit pinggang adalah duduk terlalu lama, misalnya saat bekerja.(Foto: iStockphoto/kokouu)

Duduk dalam waktu yang terlalu lama misalnya saat bekerja dapat membuat otot dan sendi menjadi kaku sehingga memicu nyeri pinggang.

Untuk mencegah sakit pinggang, hindari duduk terlalu lama. Selangi duduk dengan berdiri, berjalan, atau peregangan setiap 30-60 menit sekali.

2. Salah saat mengangkat beban

Nyeri pinggang juga dapat muncul saat mengangkat beban. Sering kali, seseorang terburu-buru mengangkat beban berat atau salah tumpuan.

Saat mengangkat beban, tekuk lutut dan menggunakan kekuatan kaki. Pastikan punggung lurus dan kepala menghadap ke depan. Tempatkan pula beban berada dekat dengan tubuh.

3. Membungkuk

Postur tubuh yang buruk juga dapat menyebabkan sakit pinggang. Kebiasaan membungkuk dalam beraktivitas baik saat duduk maupun berjalan memberikan tekanan lebih pada tulang belakang sehingga memicu nyeri.

Dikutip dari Every Day Health, tekanan pada tulang belakang ini juga dapat mengubah anatomi tulang belakang. Oleh sebab itu, pastikan untuk selalu menjaga postur tubuh tetap tegak untuk mengurangi tekanan pada tulang belakang.

Simak kebiasaan yang bikin sakit pinggang lainnya di halaman berikut.

7 Kebiasaan yang Bikin Sakit Pinggang

BACA HALAMAN BERIKUTNYA


Source : cnnindonesia.com

Comments
Loading...