Kabar Sosial Media
Informasi Terupdate!

MUI Mengeluarkan Fatwa Pelaksanaan Shalat Idul Fitri 2020 Di Rumah Bagi Warga Indonesia

Pelaksanaan Shalat Idul Fitri
0 91

Bulan Ramadhan tahun ini menjadi bulan Ramadhan yang tidak sama seperti tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan pandemi Covid-19 yang mengharuskan warga berada di rumah demi menjaga jarak dari orang lain serta menjaga kesehatan diri sendiri dan keluarga.

Hal itu berdampak pula pada kegiatan-kegiatan Ramadhan yang sudah menjadi tradisi kita semua yaitu Buka Puasa Bersama, Sahur On The Road, maupun sekedar pergi berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Untuk perihal Shalat Idul Fitri, ternyata MUI telah mengeluarkan fatwa dimana MUI menganjurkan bagi para warga yang di daerahnya masih terdampak Covid-19 yang status penyebarannya masih belum terkendali agar melaksanakan Shalat dirumah masing-masing.

Bagaimana isi dari fatwa MUI tersebut berkaitan dengan pelaksanaan Shalat Idul Fitri di rumah?

Berikut isi fatwa MUI yang berkaitan dengan pelaksanaan Shala Idul Fitri di tahun 2020 ini:

  1. Shalat Idul Fitri hukumnya Sunnah Muakadah yang menjadi salah satu syi’ar keagamaan (syi’ar min sya’ir al-Islam).
  2. Shalat Idul Fitri disunahkan bagi setiap Muslim, baik laki-laki maupun perempuan, merdeka maupun hamba sahaya, dewasa maupun anak-anak, sedang di kediaman maupun sedang bepergian (musafir), secara berjamaah maupun secara sendiri.
  3. Shalat Idul fitri sangat disunahkan untuk dilaksanakan secara berjamaaah di tanah lapang, masjid, mushala, dan tempat lainnya.
  4. Shalat Idul Fitri berjamaah boleh dilaksanakan di rumah.
  5. Pada malam Idul Fitri, umat Islam disunahkan untuk menghidupkan malam Idul Fitri dengan takbir, tahmid, tasbih, serta aktivitas ibadah.

Ketentuan shalat Idul Fitri di kawasan Covid-19

  1. Jika umat Islam berada di kawasan Covid-19 yang sudah terkendali pada saat 1 Syawal 1441 H, yang salah satunya ditandai dengan angka penularan menunjukkan kecenderungan menurun dan kebijakan pelonggaran aktivitas sosial yang memungkinkan terjadinya kerumunan berdasarkan ahli yang kredibel dan amanah, shalat Idul Fitri dilaksanakan dengan cara berjamaah di tanah lapang, masjid, mushala, atau tempat lain.
  2. Jika umat Islam berada di kawasan terkendali atau kawasan yang bebas Covid-19 dan diyakini tidak terdapat penularan (seperti di kawasan pedesaan atau perumahan terbatas yang homogen, tidak ada yang terkena Covid-19, dan tidak ada keluar masuk orang), shalat Idul Fitri dapat dilaksanakan dengan cara berjamaah di tanah lapang/ masjid/ mushala/ tempat lain. Baca juga: Arab Saudi Akan Berlakukan Jam Malam Saat Libur Idul Fitri
  3. Shalat Idul Fitri boleh dilaksanakan di rumah dengan berjamaah bersama anggota keluarga atau secara sendiri (munfarid), terutama jika ia berada di kawasan penyebaran Covid-19 yang belum terkendali. Jumlah jamaah yang shalat minimal 4 orang yang terdiri dari 1 orang imam dan 3 orang makmum.
  4. Pelaksanaan shalat Idul Fitri, baik di masjid maupun di rumah, harus tetap melaksanakan protokol kesehatan dan mencegah terjadinya potensi penularan.

Demikianlah isi fatwa MUI yang berkaitan dengan pelaksanaan Shalat Idul Fitri di rumah. Semoga kita semua selalu sehat sampai di penghujung bulan Ramadhan tahun ini, serta dapat merayakan Hari Raya Idul Fitri di tahun ini dengan kondisi yang sehat dan baik-baik saja.

Jangan lupa agar tetap menjaga jarak satu sama lain, serta tidak melupakan rutinitas cuci tangan setiap sehabis berkontak dengan barang/orang lain jika diperlukan.

Comments
Loading...