Kabar Sosial Media
Informasi Terupdate!

Stop Penyebaran Berita Hoax, Biasakan Untuk Recheck Sebelum Share: Berikut Ciri-Cirinya!

0 51

Sering mendengar kata hoax? Pernah menerima berita hoax? Bagaimana perasaan kalian saat menerima dan membacanya?

Berita Hoax dapat diarti-bebaskan sebagai berita palsu, informasi bohong, yang bertujuan hanya untuk mencari sensasi, untuk bercanda, atau sampai mencari keuntungan sepihak. Sedangkan berita sendiri dapat diartikan sebagai informasi nyata, akurat, terpercaya, dan tervalidasi dari sumber yang jelas dan otentik. Sangat bertentangan yah pengertian dari keduanya tersebut.

Akhir-akhir ini marak sekali diantara kita orang-orang yang suka menyebar berita-berita yang belum tentu dan belum jelas kebenarannya, dengan bermodalkan satu kali klik maka tersebar sudah berita hoax tersebut. Seiring dengan perkembangan teknologi yang begitu pesat, maka segala informasi dapat kita terima dengan jumlah yang begitu banyak, namun rentan dengan proses verifikasi. Dapatkah kalian mengetahui bagaimana ciri-ciri dari berita hoax?

Apa Saja Kriteria Berita Hoax ?

Nah, berikut ini kami akan sajikan secara ringkas dan padat mengenai bagaimana ciri-ciri yang paling sering ditemukan berseliweran mengenai berita hoax tersebut. Silahkan di simak yah.

Judul Berita Hoax Selalu Profokatif

Dalam pembuatan berita, entah berita media cetak maupun berita TV, judul atau Headline berita menjadi faktor utama dari dibaca atau tidaknya isi dari berita tersebut. Bagi mereka si pembuat berita hoax, judul yang akan mereka buat adalah judul yang bersifat provokatif, dimana terdapat unsur menghasut maupun mempengaruhi pembaca dengan cara menyebutkan suatu nama organisasi, nama seorang public figure, atau hal apapun itu yang mengandung unsur intrik bagi masyarakat yang akan membacanya, agar berita tersebut pada akhirnya di klik lalu dibaca.

Judul berita hoax pun biasanya tidak sesuai dengan kaidah jurnalistik dalam pembuatan judul sebuah berita.

Judul Berita Hoax Biasanya Tidak Sesuai Dengan Isi Berita

Ciri-ciri berita hoax yang kedua adalah terdapat pada isi beritanya. Biasanya, berita hoax memang tidak menggunakan prinsip serta kaidah jurnalistik dalam penulisan dan penyusunan beritanya, karena berita hoax akan selalu mengedepankan sensasi serta intrik yang ada hanya demi menarik pembaca serta meraup keuntungan sepihak dari hal tersebut.

Berita hoax tak jarang memiliki isi berita yang sebenarnya tidak sesuai dengan judul beritanya. Misalkan, judul beritanya dibuat provokatif tentang pembahasan hal A, setelah kita klik lalu kita baca di paragraf awal (bahkan ada yang sampai paragraf akhir), isi berita tersebut ternyata tentang pembahasan hal B yang tidak ada sangkut pautnya sama sekali dengan hal A, atau bahasa berita yang digunakan ngalor-ngidul tidak karuan.

Gambar Headline Berita Yang Bersifat Clickbait

Pernah melihat gambar utama dari sebuah artikel yang berisi hal-hal yang tidak pantas untuk dilihat, seperti pornografi atau gambar kekerasan yang tidak semestinya dipertontonkan? Ciri-ciri berita hoax yang ketiga datang dari gambar-gambar pendukung dari berita tersebut.

Sedangkan makna dari clickbait adalah suatu hal/info/berita yang mengundang orang lain untuk meng-klik dan melihat apa isi di dalamnya. Bahkan terkadang ada gambar-gambar pendukung tersebut yang sebenarnya bukan gambar asli, gambar hasil sambungan / editan, bahkan gambar-gambar yang hanya diambil sembarang dari internet namun digadang-gadang sebagai gambar asli dari sumbernya.

Sumber Berita Yang Tidak Jelas

Terakhir yang dapat kami sampaikan yaitu sumber berita yang kurang bahkan tidak jelas. Ciri-ciri berita hoax adalah berita yang bersumber dari sumber yang tidak jelas.

Sumber tersebut bisa saja mengacu kepada portal berita tersebut yang tidak kredibel (karena terlalu sering atau bahkan sudah terkenal sebagai penyebar berita hoax), ataupun narasumbernya yang tidak diketahui dengan jelas siapa identitasnya (pengecualian bagi berita investigasi, dimana data narasumber harus disembunyikan guna melindungi si narasumber dari hal-hal yang tidak diinginkan).

Kesimpulan

Itulah beberapa ciri-ciri dari berita hoax yang telah kami rangkum untuk kalian semua. Semoga dengan membaca artikel ini, kalian jadi lebih paham mengenai apa dan bagaimana berita hoax tersebut, serta lebih berhati-hati dalam memilah informasi yang nantinya kalian terima.

Comments
Loading...