Kabar Sosial Media
Informasi Terupdate!

Tips Hemat Ala Pandemi Menjelang Idul Fitri: Agar Tetap Bisa Bagi-Bagi Angpau Ke Ponakan Walau Kantong Sedang “Sedih”

0 19

Telah kita ketahui bersama bahwa pandemi ini berdampak sangat signifikan terhadap lini kehidupan serta pemasukan dari kita semua. Bahkan banyak juga yang terpaksa kehilangan mata pencaharian diakibatkan wabah covid19 ini.

Maka dari itu, menghemat pengeluaran menjadi satu-satunya fokus serta tujuan utama kita saat ini. Namun, definisi berhemat juga bukan berarti kalian harus menjadi pelit, karena berhemat adalah sekedar membatasi dan memangkas pengeluaran yang sifatnya sekunder maupun tersier.

Menjelang Hari Raya Idul Fitri ini, banyak diantara kalian yang pasti memikirkan bagaimana caranya agar kalian tetap bisa berbagi angpau kepada sanak saudara kalian.

Tenang, kami telah merangkum beberapa tips berhemat ala pandemi menjelang Idul Fitri ini, agar kalian tetap bisa berbagi angpau meski isi kantong kalian sedang “sedih“. Yuk segera disimak!

Tidak Perlu Beli Baju Baru

Daripada kalian sibuk memikirkan baju lebaran, lebih baik kalian lakukan mix and match untuk baju- baju lama kalian yang ada di lemari. Selain membeli baju baru hanya akan membuat pengeluaran kalian menjadi lebih boros, baju baru tersebut juga tidak akan kalian pakai kemana-mana dikarenakan Lebaran tahun ini kita pastinya tidak akan pergi melancong kemana mana. Daripada boros membeli baju baru yang kurang bermanfaat, lebih baik jika ada uang lebih sisihkan untuk kalian bagikan ke saudara dan ponakan sebagai uang angpau. Berbagi lebih berarti loh dibanding bersikap konsumtif di waktu yang tidak tepat ini.

Catat Semua Pengeluaran, Sekecil Apapun

Entah kalian membeli ice cream yang harganya Rp. 5.000,- atau apapun itu, disarankan untuk mencatatnya yah. Sekarang sudah banyak sekali aplikasi pencatat pengeluaran di Handphone yang disediakan pihak Developer Operating System gadget kita. Tujuan mencatat pengeluaran kalian sekecil apapun adalah agar uang yang keluar dari simpanan kalian ter-handle dengan tepat dan kalian bisa tahu jenis pengeluaran mana yang paling banyak kalian lakukan, sehingga di hari berikutnya kalian tidak akan mengulang kesalahan pengeluaran yang berlebihan itu lagi.

Jangan Dulu Tergiur Membeli Furniture atau Gadget

Furniture maupun Gadget adalah kebutuhan tersier yang masih bisa ditunda di kemudian hari. Jika kalian berniat untuk berhemat di masa pandemi ini, maka kalian harus pandai-pandai menentukan mana yang hanya keinginan semata dan mana yang menjadi kebutuhan kalian. Fokuskan pada kebutuhan kalian seperti pembelian sembako dan bahan makanan, selain itu kuota internet juga bisa kalian anggarkan sebagai kebutuhan kalian dikarenakan kalian harus tetap up-to-date terhadap berita-berita kebijakan dari pemerintah, maupun untuk keperluan mengakses kebutuhan pekerjaan kalian. Jangan lupa untuk mencatat setiap pengeluarannya juga yah!

Tetap Bersedekah Sesuai Kemampuan

Terakhir dan langkah terbaik adalah, tetap bersedekah di saat ini sesuai dengan kemampuan kalian. Selain kalian mengusahakan agar kalian tetap bisa berbagi angpau kepada saudara dan ponakan, kalian juga bisa menyisihkan sedikit rezeki kalian untuk bersedekah kepada mereka yang membutuhkan. Sedekah menyuburkan harta, hal itu yang patut kalian yakini sebagai makhluk yang beriman. Sedekah juga dapat menumbuhkan dan menyuburkan cinta dan kasih kepada sesama umat manusia.

Akhir kata…

Itulah beberapa tips hemat ala pandemi menjelang Idul Fitri, tujuannya adalah agar kalian tetap bisa menabung dan berbagi kebahagiaan kepada sanak saudara kalian meski di masa-masa sulit seperti ini.

Selamat berlebaran yah, tetap semangat dan jaga kesehatan kalian.

Comments
Loading...