Kabar Sosial Media
Informasi Terupdate!

Plus Minus Work From Home; Antara Bisa Piyama-an Atau Terus Dikejar Lemburan

0 458

Pandemi Covid-19 masih terus berjalan di kehidupan kita sehari-hari. Hal ini memaksa kita untuk mundur teratur serta melakukan segala aktifitas yang sebelumnya dilakukan di luar rumah menjadi dilakukan dari dalam rumah. Hampir seluruh perusahaan di Jakarta menerapkan sistem kerja dari rumah atau Work From Home, meski masih ada juga perusahaan yang tetap menerapkan jam kerja seperti biasanya.

Menariknya, ternyata terdapat beberapa plus – minus work from home yang telah kami rangkum menjadi bacaan menarik untuk kalian semua disini.

Work from home dihadapkan pada 2 pilihan yang cukup kontradiktif, yaitu antara bisa mengenakan baju sesuka kalian alias Piyama-an, serta dikejar target lemburan dikarenakan kerja di rumah yang tidak mengenal jam istirahat maupun jam pulang.

Ingin tahu apa plus – minusnya Work From Home atau disingkat menjadi WFH ? Yuk buru-buru intip daftar rangkuman dibawah ini, tapi hati-hati, saat membaca artikel ini jangan sampai ketahuan boss kalian yah.

Poin Plus WFH

Baju bebas : Bisa Piyama-an Sampai Malam

Ketika kalian sedang WFH, tidak ada yang mewajibkan kalian menggunakan seragam kerja ataupun pakaian formal yang biasa kalian harus pakai saat kalian kerja. Kalian bisa menggunakan kaus biasa serta celana pendek favorit kalian sambil mulai membuka Laptop dan Gadget untuk membaca email masuk maupun job list kalian di hari tersebut. Pekerjaan kalian akan tetap berjalan meski kalian sedang piyama-an.

Lebih Hemat Budget Makanan

Untuk poin plus yang satu ini memang sangat real dirasakan oleh para pekerja. Kalian bisa memasak makanan kesukaan kalian yang porsinya bisa dilebihkan agar bisa dikonsumsi sampai sore maupun malam hari. Camilan pun kalian bisa beli di warung-warung terdekat saja, yang otomatis tidak perlu mengeluarkan budget banyak untuk membelinya.

Jam Istirahat Yang Bebas

Jika sebelumnya kalian bekerja dengan sistem jam kerja yang disiplin semisal masuk pukul 09.00, istirahat pukul 12.00 – 13.00, lalu pulang pukul 18.00 , maka hal itu tidak berlaku jika kalian bekerja dari rumah atau Work From Home. Kalian bisa memulai pekerjaan kalian di jam yang tidak harus sesuai dengan jam kerja kalian sebelumnya, juga jam istirahat yang lebih bebas, seperti jika kalian mendadak merasa lelah lalu ingin tidur-tiduran terlebih dulu juga sangat bisa dilakukan jika kalian sedang WFH. Asyik ,kan?

Bisa Diselingi Aktifitas Lain

Kalau bekerja di tempat kerja kalian, kalian harus fokus pada pekerjaan kalian saja, sangat tidak disarankan atau bahkan tidak boleh sambil diselingi dengan aktifitas lain. Saat work from home, sambil diselingi memasak atau mencuci baju, why not ? Atau bekerja dari rumah sambil memandikan kucing kesayangan kalian juga bisa dilakukan, asalkan pekerjaan kalian harus tetap diselesaikan sesuai target yah.

Poin Minus WFH

Menggunakan Jaringan Internet Sendiri

Kekurangan dari bekerja dari rumah adalah, jika perusahaan tempat kalian bekerja mungkin sedang mengalami defisit keuangan, sehingga untuk subsidi jaringan internet saja perusahaan kalian belum mampu memenuhinya. Maka, mau tidak mau kalian harus menggunakan kuota internet kalian sendiri untuk melakukan pekerjaan kalian dari rumah. Tak apa-apa, tetap semangat dalam mencari nafkah yah.

Target Pekerjaan dari Bos yang Tak Kenal Waktu

Terkadang, dengan beralaskan Work From Home, maka pekerjaan yang dibebankan atasan kepada kita menjadi lebih banyak daripada biasanya. Hal ini sebenarnya masih lumrah, mengingat memang kemungkinan masih banyak target-target perusahaan yang perlu dicapai dalam waktu yang cepat, maka dari itu jam lembur-pun tak terelakkan bagi kalian. Atasan kalian bisa saja sewaktu-waktu, entah itu sore hari atau larut malam, mengirim email yang isinya mengenai pekerjaan dadakan yang kalian harus kerjakan dan harus segera kalian submit di keesokan harinya.

Lingkungan Rentan, Kurang Kondusif

Bagi kalian yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, WFH sepertinya akan menjadi momen yang kurang kondusif bagi kalian. Anak-anak kalian akan terus mendekati kalian dan mengajak kalian untuk bermain, mendengarkan cerita mereka, atau sekedar melihat hasil karya gambar mereka. Poin minus ini sebenarnya seperti buah simalakama, dimana ada perasaan senang dari kalian karena kalian bisa bekerja ditemani keluarga dan anak-anak kalian, namun di sisi lain kalian merasa kurang fokus untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan kalian tersebut.

Lebih Banyak Bersantai Daripada Bekerja

Poin minus terakhir dari WFH ini adalah hal yang mungkin tidak disadari dilakukan oleh para pekerja WFH. Kalian pasti akan sangat merasa nyaman ketika kalian bekerja tanpa dikelilingi atasan maupun meja kerja yang berantakan, namun hal ini menyebabkan dampak lain yaitu terlalu bersantai, sehingga target pekerjaan tidak terselesaikan sesuai dengan waktunya.

Itulah poin-poin mengenai Plus – Minus Work From Home yang telah kami rangkum untuk para kalian.

Setelah membaca ini, semoga kalian tetap semangat yah untuk menjalani aktifitas sehari-hari. Bagi kalian yang Work From Home atau tetap bekerja di tempat kerja, jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan diri serta lingkungan, dan jaga jarak demi kebaikan dan keselamatan bersama.

Comments
Loading...