Kabar Sosial Media
Informasi Terupdate!

Dari Bisa Merilis Stress Hingga Membangun Perasaan Bahagia, Simak Keuntungan Dari Menulis Dibawah Ini.

0 39

Apakah kalian pernah menulis Buku Diary semasa kanak-kanak? Atau apakah kebiasaan menulis Diary tersebut masih berlanjut sampai sekarang?

Kalau begitu, selamat ya, karena kalian sedang membaca tulisan yang tepat saat ini, karena di tulisan ini kami akan merangkum dan menjelaskan kepada kalian secara ringkas dan menarik mengenai keuntungan-keuntungan dan manfaat menulis yang akan kalian dapatkan jika dilakuan secara rutin.

Manfaat Menulis

Menulis adalah kegiatan yang sebenarnya bisa dilakukan oleh siapapun, selama si penulis tersebut memiliki keinginan untuk menumpahkan kata demi kata ke dalam kertas atau layar komputernya. 

Menulis juga bukan hanya sekedar kegiatan yang mungkin diangaap sebagai kegiatan yang membosankan, melainkan menulis bisa dijadikan sebagai sebuah hobi yang menyenangkan, bahkan bisa dijadikan sebagai sebuah mata pencaharian bagi kalian yang sudah lama terjun di dalam dunia kepenulisan.

Banyak penjelasan dari para pakar mengenai keuntungan dari kegiatan menulis itu sendiri, diantaranya adalah telah kami rangkum sebagai berikut:

Merilis Stress

Banyak pakar yang menjelaskan serta memaparkan keuntungan-keuntungan dari kegiatan menulis, salah satunya adalah dapat merilis stress yang mungkin sedang kalian rasakan. Merilis stress dalam arti, kalian dapat mengeluarkan emosi positif maupun (dan terutama) emosi negatif hasil dari seluruh kegiatan ataupun pegalaman yang pernah kalian rasakan ke dalam barisan kata dan kalimat.

Dengan berlatih untuk menulis secara rutin, emosi positif maupun emosi negatif tersebut nantinya akan diolah lalu dibentuk menjadi kumpulan kata, dan akhirnya akan menghasilkan sebuah karya yang menyenangkan sekaligus membanggakan bagi kalian sebagai penulisnya.

 

Menciptakan Rasa Puas Ketika Menyelesaikan Sebuah Tulisan

Bagaimana rasanya jika kalian dapat menyelesaikan seluruh level yang ada di dalam permainan? Menyenangkan bukan? Atau, bagaimana rasanya jika kalian dapat menyelesaikan sebuah pekerjaan yang diberikan dari atasan kalian, pasti ada rasa puas bukan? Nah, begitu pula jika kalian selesai mengerjakan tulisan kalian. Akan ada rasa puas sekaligus bangga saat kalian dapat berhasil menyelesaikan tulisan-tulisan kalian.

Pencapaian tulisannya pun bisa apa saja loh, seperti menulis makalah, puisi, cerpen, artikel, atau kalau ingin yang satu tingkat diatasnya yaitu menulis novel, maka kalian akan merasakan sebuah perasaan yang bisa disebut sebagai a lifetime satisfaction. Menarik untuk dicoba, bukan?

Mengembangkan Isi Pemikiran

Tahukah kalian, bahwa biasanya orang-orang yang senang menulis atau sudah lama menulis, adalah orang-orang yang senang juga membaca buku? Nah, keuntungan dari membaca buku itu sendiri sudah kita ketahui secara jelas, bahwa dengan membaca maka ilmu kalian akan bertambah.

Bagaimana kalau kegemaran membaca tersebut ditindak lanjuti dengan menulis? Sudah pasti keuntungannya makin berlipat ganda. Dengan menulis, isi pemikiran, pendapat, daya analisa, serta sudut pandang kalian terhadap sebuah masalah atau kepada setiap orang akan lebih berkembang dengan sendirinya. Segala argumen, pendapat, maupun data dan fakta yang ada, akan lebih mudah diolah di dalam pikiran kalian untuk kemudian akan kalian tindak lanjuti.

Hal ini dikarenakan isi otak kalian telah terbiasa dengan pengolahan kata demi kata secara rutin, sehingga dengan mengaplikasikan pengolahan kata tersebut menjadi sebuah tulisan, maka semakin besar dampak baiknya bagi perkembangan isi pemikiran kalian sendiri.

The Better To Write, The Better To Fight

Poin keuntungan terakhir dari menulis adalah poin yang satu ini. Makin sering anda menulis, biasanya akan makin membentuk kepribadian anda menjadi seseorang yang selalu dalam mode siaga. Artinya, kalian biasanya akan selalu lebih siap dalam hal dan keadaan apapun, entah keadaan tersebut menguntungkan atau kurang menguntungkan bagi kalian.

The Better To Write The Better To Fight adalah istilah yang sangat pas untuk menggambarkan betapa menguntungkannya menjadi seorang penulis, ataupun rutin membiasakan diri untuk menulis apapun itu, selama tulisan tersebut bukan tulisan yang mengandung unsur keburukan.

Itulah beberapa penjelasan dan rangkuman mengenai beberapa keuntungan dan manfaat dari menulis yang telah kami buat untuk kalian.

Jadi, bagaimana, apakah kalian tertarik untuk mulai menulis dari sekarang juga?

Comments
Loading...