Kabar Sosial Media
Informasi Terupdate!

Galau Bagi Pengusaha Pemula; Antara Merintis Kedai Kopi Atau Kafe

0 307

Adakah diantara kalian disini yang sedang berniat untuk merintis usaha? Kalau iya, kira-kira usaha macam apa yang ingin kalian bangun?

Di era sekarang ini, banyak pengusaha pemula di kalangan anak muda yang tergiur untuk merintis usaha di bidang kopi. Berlatar belakang hobi meminum kopi di kedai ataupun coffee shop, para pengusaha pemula bersemangat untuk merintis usaha tersebut demi sebuah eksistensi ataupun urusan investasi.

Biasanya, sering ditemukan kegalauan-kegalauan sebelum memulai bisnis yang satu ini. Entah kebimbangan mengenai peralatannya, modalnya, ataupun bahkan ilmu untuk memulainya, masing-masing pengusaha pemula tersebut pasti melewati masa dimana mereka bimbang dalam menentukan pilihan. Ada juga yang galau dalam memilih jenis usaha ini, apakah ingin merintis usaha kedai kopi atau berskala kafe?

Berikut adalah rangkuman kami mengenai rintisan bisnis kopi beserta pengertian maupun rintangan yang mungkin akan dihadapi oleh para pengusaha pemula.

 

Pengertian Kedai Kopi dan Kafe

Pertama-tama, kalian harus pahami dulu apa perbedaan dari kedai kopi dan kafe atau coffee shop. Kedai kopi adalah sebutan untuk usaha yang bergerak di bidang penjualan minuman kopi dimana konsep yang diusung yaitu kesederhanaan dan kehangatan satu sama lain.

Konsep kesederhanaan tersebut bisa datang dari desain interiornya maupun service dari pelayannya. Di bidang harga pun kedai kopi relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan kafe atau coffee shop. Segmentasi pasar juga terbilang tidak jauh-jauh dari lingkungan sekitar, dan biasanya merujuk ke tingkat middle – down consumer.

Sedangkan, untuk usaha kafe atau coffee shop adalah sebuah usaha yang juga bergerak di bidang penjualan minuman kopi yang relatif bertaraf high class, mulai dari konsep yang diusung sampai dengan ke harga serta pelayanan yang didapatkan.

Target pasar kafe pun berbeda dari kedai kopi, yakni biasanya ditargetkan kepada mereka yang biasa disebut eksekutif muda ataupun level middle – up consumer lainnya. Untuk biji kopi yang dijual pun rata-rata memiliki kualitas premium, sehingga sudah pasti berpengaruh pada harga jual yang akan ditawarkan. Desain interior dari kafe atau coffee shop biasanya terlihat minimalis namun mewah.

Sampai disini, kira-kira sudah cukup terlihat jelas yah apa perbedaan diantara kedua macam bisnis ini.

Tantangan Dalam Perintisan Kedai Kopi & Kafe

Perihal tantangan maupun rintangan dalam merintis usaha adalah menjadi sebuah keniscayaan. Usaha atau bisnis apapun pasti akan merasakan dan melewati yang namanya tantangan serta rintangan. Di usaha bidang minuman kopi, terdapat beberapa tantangan bagi pengusaha pemula dalam merintisnya, yang tidak menutup kemungkinan membuat para pengusaha makin galau harus memilih untuk merintis jenis usaha kedai kopi atau kafe.

Disini kita tidak akan memasukkan poin modal sebagai sebuah tantangan, karena kalian pasti sudah memahami bagaimana perbedaan antara modal perintisan kedai kopi dan kafe dari penjabaran kami di paragraf sebelumnya. Jika kalian ingin membangun usaha jenis kedai kopi, tantangan yang harus kalian lewati pertama adalah pemilihan lokasi yang harus strategis.

Kedai kopi yang mengandalkan konsep kesederhanaan serta kehangatan pelayanannya harus pandai-pandai dalam memilih lokasi yang strategis, agar pengunjung yang datang akan ramai setiap harinya. Karena mayoritas prinsip bagi konsumen kedai kopi adalah yang penting tempatnya mudah ditemukan dan nyaman untuk mengobrol, sehingga pemilihan lokasi yang strategis sangat patut diperhatikan ketika kalian berniat membangun usaha ini.

Untuk kafe atau coffee shop, tantangan pertama yang harus dilewati adalah bagaimana mencari produk kopi yang berkualitas namun harga belinya tetap terjangkau. Dikarenakan kafe mengusung tema yang high, maka pengusaha kafe harus pandai-pandai memilih produsen biji kopi yang harga belinya terjangkau, sehingga pada saat produk kopi tersebut akan diolah menjadi minuman yang siap dijual di kafe tersebut, harga yang akan disiapkan oleh pengusaha kafe tidak akan membuat pembeli merasa sangat tercekik karena terlalu mahal, serta tidak juga membuat rugi pengusaha tersebut.

Untuk di bagian konsep, tantangan bagi pengusaha kedai kopi dan kafe pun memiliki perbedaan. Di kedai kopi, asalkan tempat ngopi-nya unik dan terdapat pelayanan ekstra seperti jaringan Wi-Fi gratis, maka bisa dipastikan pengunjung akan berdatangan setiap harinya. Sedangkan untuk kafe tidak bisa menggunakan sembarang konsep. Karena ia bertema coffee shop, maka konsep yang diberikan oleh pengusaha kafe harus berbau mewah meskipun minimalis, karena desain interior dari kafe memang sangat menjadi titik perhatian bagi para konsumennya sejak pertama kali mereka menginjakkan kaki di kafe tersebut.

Itulah beberapa rangkuman yang mungkin dapat diambil untuk menghilangkan kegalauan pengusaha pemula mengenai pemilihan kedai kopi atau kafe…

Bagi kalian yang sedang ingin merintis usaha, entah itu usaha kedai kopi ataupun berskala kafe, semoga setelah membaca artikel ini kalian sudah tidak galau lagi dan sudah bisa menentukan tujuan usaha kalian yah. Pada prinsipnya, usaha jenis apapun itu, asalkan dijalani dengan tulus dan konsisten, maka pasti akan membuahkan hasil yang baik.

Comments
Loading...