Kabar Sosial Media
Informasi Terupdate!

Mumpung Masih Masa Pandemi, Yuk Perdalam Lagi Basic Bahasa Inggris Kalian Hingga Mumpuni

0 167

Masa-masa karantina akibat pandemi adalah masa dimana kita harus menghentikan sejenak seluruh kegiatan yang semula kita lakukan di luar rumah, menjadi kita lakukan dari dalam rumah.

Banyak hal positif yang bisa kita dapatkan dari masa karantina ini, yaitu hubungan keluarga yang menjadi lebih hangat dikarenakan bisa terus bertemu sapa hampir setiap hari, maupun sekedar bisa melakukan hobi-hobi yang sebelumnya sering tertunda atau sulit untuk dilakukan dikarenakan kesibukan aktifitas di luar rumah.

Nah, kali ini kami akan mengajak kalian untuk melakukan hal positif yang satu ini, yaitu memperdalam kemampuan berbahasa asing yaitu Bahasa Inggris.

Mumpung saat ini kalian masih di masa karantina, yuk perdalam lagi basic Bahasa Inggris yang kalian sudah miliki. Efek positifnya adalah kalian dapat memperbaharui ilmu-ilmu kalian di dalam berbahasa asing, serta bisa juga dijadikan sebagai persiapan kalian untuk melangkah ke jenjang karir berikutnya jika kalian sedang dalam tahap pencarian jenjang karir.

Tips Memperdalam Bahasa Inggris

Kira-kira, apa saja ya yang perlu diperdalam dan diperbaharui megenai dasar ilmu Bahasa Inggris kalian? Yuk simak penjelasan-penjelasan menarik dibawah ini.

Perdalam Vocabulary

Seluruh ilmu bahasa, tak terkecuali pada Bahasa Inggris, pasti memiliki kosa kata yang perlu dihafal oleh kalian yang ingin mempelajari bahasa tersebut. Kosa kata itulah yang biasa disebut Vocabulary.

Penguasaan kosa kata adalah cara pertama dan utama dalam mempelajari sebuah bahasa. Caranya sederhana dan menyenangkan, cukup kalian catat di Notes Handphone kalian minimal 10 kosa kata disekitar kalian beserta artinya per hari. Ingat jangan di catat dua kali yah, 1 kosa kata untuk 1 kali catatan saja. Kalian juga bisa memperdalam kosa kata kalian dengan cara merubah bahasa tampilan Handphone kalian menjadi tampilan Bahasa Inggris, sehingga kalian akan mulai terbiasa dan hafal dengan vocabularies yang selalu kalian temui di gadget kalian tersebut.

Lakukan ini secara konsisten selama kalian masih memiliki waktu luang di masa karantina.

Buka Kembali / Cari Materi Mengenai Grammar

Grammar atau Tata Bahasa adalah ilmu yang mempelajari mengenai kaidah-kaidah penggunaan sebuah bahasa. Di dalam Grammar kita biasa menemukan unsur Tenses, dimana unsur Tenses diartikan sebagai ilmu yang mempelajari penggunaan-penggunaan Bahasa sesuai dengan keterangan waktu serta kondisi saat bahasa tersebut diucapkan. Seperti I play soccer everyday , I played soccer yesterday, serta I will play soccer tomorrow, adalah sebuah contoh kalimat yang terdapat unsur Tenses-nya.

Buka atau baca kembali materi-materi mengenai Tenses tersebut agar kalian tidak lupa bahwa di dalam Bahasa Inggris terdapat 12 – 16 Tenses yang perlu dipahami satu per satu.

Pertajam Kemampuan Listening

Suka mendengar lagu-lagu barat? Yap, hal yang kalian lakukan tersebut adalah hal yang dapat meningkatkan kemampuan mendengarkan atau Listening yang kalian miliki. Selain mendengar lagu-lagu berbahasa Inggris, kalian juga dapat mempertajam kemampuan Listening kalian melalui film-film Hollywood yang dapat kalian tonton, namun JANGAN MENGGUNAKAN SUBTITLE yah. Cobalah untuk menyimak seluruh isi dari film tersebut dengan tanpa menyalakan Subtitle yang tersedia.

Jika saat kalian mendengarkan lagu atau menonton film barat tersebut lalu ada kosa kata yang kalian tidak tahu artinya, maka segeralah kalian catat lalu kalian cari artinya. Sambil mempertajam kemampuan Listening, sambil memperdalam kemampuan kosa kata, kalian bisa mendapatkan double keuntungan.

Kesimpulan

Itu dia beberapa poin yang dapat kalian lakukan guna memperdalam basic bahasa Inggris kalian selama masa karantina pandemi ini.

Oh iya, selain dari 3 poin diatas, bagi kalian yang suka sekali membaca, kalian juga bisa mencoba untuk membaca buku / novel yang berbahasa Inggris. Jika kalian mampu melewati tahap ini dengan baik, maka bisa dipastikan kemampuan kalian dalam berbahasa Inggris tidak akan diragukan lagi!

Comments
Loading...