Kabar Sosial Media
Informasi Terupdate!

Salah Kaprah Mengenai Kandungan Kafein Antara Teh Dan Kopi, Kira-Kira Lebih Banyak Mana?

0 39

Minuman kopi dan teh adalah minuman terpopuler di seluruh penjuru dunia. Penggemarnya pun masing-masing memiliki alasan tersendiri mengapa mereka menyukai teh daripada kopi, ataupun sebaliknya. Kedua minuman populer tersebut diketahui memiliki kandungan kafein dengan takarannya masing-masing.

Namun, ternyata masih banyak yang salah kaprah mengenai kandungan dari kafein yang ada di Teh dan Kopi, kira-kira lebih banyak mana yah?

Kafeina, atau sebutan populernya adalah kafein, menurut penjelasan Wikipedia Online adalah senyawa alkaloid xantina yang berbentuk kristal serta berasa pahit yang bekerja sebagai obat perangsang psikoaktif dan diuretik ringan. Kafein pertama kali ditemukan oleh seorang kimiawan Jerman pada tahun 1819.

Efek positif yang dihasilkan dari pengonsumsian kafein diantaranya: meningkatkan kesadaran, meningkatkan performa atletik, menaikkan mood, serta dapat juga meningkatkan metabolisme di dalam tubuh. Kafein yang terdapat di dalam kopi juga digadang-gadang mengandung antioksidan yang tinggi yang mana hal tersebut sangat baik untuk kesehatan kulit manusia.

Makna Kopi dan Teh Menurut Wikipedia

Kopi adalah minuman hasil seduhan biji kopi yang telah dihaluskan dan disangrai menjadi bubuk. Sedangkan teh adalah minuman yang mengandung kafeina, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia Sinensis dengan air panas.

Kandungan Kafein Antara Teh dan Kopi

Masih banyak yang mengira bahwa kandungan kafein yang dimiliki kopi lebih banyak dibandingkan kandungan kafein yang terdapat di dalam teh. Pendapat ini sebenarnya tidak sepenuhnya salah, namun yang perlu diketahui adalah, jumlah kandungan kafein pada teh dan kopi itu bervariasi, tergantung dari tempat asalnya, jenisnya, juga persiapan dari pembuatan minuman tersebut.

Ternyata, menurut penjelasan pakar yang dirangkum di situs Online kesehatan Healthline, menunjukkan bahwa daun teh mengandung kafein sebanyak 3,5%, sementara biji kopi mengandung kafein sebanyak 1,1 – 2,2%. Namun, dikarenakan proses pembuatan minuman kopi menggunakan air yang lebih panas daripada pembuatan minuman teh yang mana hal tersebut akan mengekstraksi kandungan kafein lebih banyak dari biji kopi, serta takaran biji kopi yang dimasukkan pasti lebih banyak dibandingkan takaran daun teh, sehingga dihasilkan bahwa 1 cup brewed coffee sebanyak 237ml biasanya memiliki kandungan kafein yang lebih banyak dibandingkan 1 cup minuman teh.

 

Black Tea, Espresso, dan Minuman Kopi Lainnya Penghasil Kafein Terbanyak

Telah dijelaskan juga bahwa minuman teh berjenis black tea memiliki kandungan kafein tertinggi dibanding jenis teh lainnya. Kemudian, terdapat Espresso, minuman hasil ekstraksi biji kopi murni yang sudah digiling dengan cara menyemburkan air panas dibawah tekanan tinggi. Kafein yang terkandung di dalam 1 cup single Espresso misalnya biasanya sebanyak +/- 58mg.

Sementara untuk produk kopi lainnya seperti Latte maupun Cappucino, memiliki takaran kafein sebanyak dua kali lebih banyak dari 1 cup Espresso tersebut, hal ini dikarenakan pada produk kopi seperti Latte dan Cappucino biasanya memiliki takaran Double Shot Espresso.

Saran Bagi Kalian Untuk Memilih Minuman Antara Teh dan Kopi

Bagi kalian yang memiliki tingkat sensitifitas tinggi terhadap dampak dari konsumsi kafein berlebih seperti kecemasan, sulit tidur, dan kelelahan, maka kalian bisa memilih minuman Green Tea yang memiliki kandungan kafein seimbang, tidak terlalu banyak atau tidak terlalu sedikit. Teh herbal juga baik bagi kalian yang memiliki sensitifitas kafein yang dapat berdampak pada meningkatnya produksi asam lambung.

Sedangkan, jika kalian adalah fans berat dari kafein dan tidak memiliki sensitifitas apapun terhadap efeknya, kalian disarankan untuk meminum Double Shot Espresso maupun Cold Brewed Coffee, kalian juga bisa memilih produk Latte ataupun Cappucino jika ingin merasakan sensasi rasa selain kopi seperti campuran susu murni atau karamel yang lezat.

Selamat Ngopi atau Ngeteh yah!

Comments
Loading...